Turis asal Malaysia Dominasi Kunjungan Wisata di Kaltim

March 2, 2015 by  
Filed under Hotel

SAMARINDA, vivaborneo.com, Wisatawan asal Malaysia masih mendominasi kunjungan wisatawan di Kalimantan Timur pada bulan Februari 2015. Berdasarkan rilis data Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim, turis asal Malaysia yang datang berkunjung ke Kaltim mencapai 3.632 orang.

Kepala BPS Kaltim Aden Gultom menjelaskan, kedatangan turis Malaysia ini tertinggi jika dibandingkan dengan kedatangan turis asal Singapura, Australia, India dan Amerika Serikat. Read more

Uni Eropa Berikan Bantuan Program kepada BPPD Kaltim

March 1, 2015 by  
Filed under Headline

DENPASAR, vivaborneo.com, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kalimantan Timur memenuhi undangan BPPD Bali untuk bersama-sama mempresentasikan program kepariwisataan yang akan dilaksanakan selama lima tahun ke depan. Presentasi dilakukan dihadapan perwakilan Uni Eropa dari Kementrian Luar Negeri Belanda yang diwakili oleh  Jeanette & Clive Bishop.

Anggota BPPD Kaltim saat bertemu dengan perwakilan Uni Eropa di Denpasar, Bali.

Kegiatan yang berlangsung di ruang rapat Bali Tourism Board Jalan Raya Puputan Renon Denpasar ini, perwakilan Uni Eropa ingin mengetahui analisa dan kebutuhan program bantuan apa saja yang cocok untuk  mereka diberikan kepada BPPD di seluruh Indonesia.

“Mereka ingin mengetahui kebutuhan dan pelatihan apa saja yang dibutuhkan oleh BPPD yang ada di Indonesia yang akan di danai oleh Program Uni Eropa untuk Indonesia. Nantinya, jika mendapat bantuan bentuknya berupa pelatihan sesuai dengan kebutuhan masing-masing,” ujar Wakil Ketua BPPD Kaltim, Eddy Yusuf Assainar, Kamis (26/2).

Tidak saja perwakilan Kaltim dan Bali, peserta yang juga hadir untuk mempresentasikan kebutuhan promosi dalam pengembangan kepariwisataan juga adalah BPPD Ambon dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

BPPD Kaltim mengirimkan enam orang anggotanya, yaitu Wakil Ketua Edddy Yusuf Assainar, Sekretaris H.M Zulkifli dan empat orang anggota masing-masing Rusdiansyah, Suprayitno, Fauzan Noor dan Yoseph A. Saul dari perwakilan Garuda Indonesia Balikpapan.

Acara diawali oleh perkenalan tim dari Uni Eropa, dilanjutkan dengan pemaparan oleh tiga tim peserta tentang potensi dan tantangan kepariwisataan yang dihadapi masing-masing daerah. Rata-rata program yang diinginkan oleh perwakilan BPPD diantaranya adalah, kesulitan aksesibilitas, pengelolaan website informasi dan promosi, kurangnya SDM di bidang pariwisata yang berkompeten dan tata kelola jaringan (networking)  yang terbatas.

“Rencananya Uni Eropa  akan menawarkan program bantuan kepada masing-masing perwakilan BPPD yang dimulai pada akhir bulan Mei  dan  akan berlangsung selama tiga tahun ke depan. Kita berharap program bantuan yang diberikan nantinya akan bermanfaat bagi perkembangan kepariwisataan di Kaltim,” harap Eddy Yusuf. (vb/yul/fauzan)