Geliat Pulau Kumala Mampu Naikkan Kunjungan Wisatawan

June 28, 2016 by  
Filed under Pesona

Sejak diresmikan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari 22 Maret 2016 lalu, keberadaan jembatan Repo-repo yang menghubungkan pusat kota Tenggarong menuju pulau Kumala, mampu menyedot wisatawan untuk berkunjung ke pulau wisata yang berada di tengah Sungai Mahakam  tersebut.  Dengan adanya jembatan penghubung ini, pengunjung tidak lagi harus menyeberang sungai menggunakan perahu ke  Pulau Kumala. Apalagi sejumlah arena permainan telah tersedia bagi pengunjung. Read more

Sensasi Gua Haji Mangku di Pulau Maratua

June 21, 2016 by  
Filed under Headline

Derawan-145

Mulut Gua Haji Mangku yang menawan dengan warna air kebiruan, diharapkan dapat menarik wisatawan untuk menjelajah Pulau Maratua di Kabupaten Berau.(foto: wiranurmansyah.com)

Pulau Maratua di Kabupaten Berau Kalimantan Timur, selain menjadi surga bagi para penyelam yang mengagumi dunia di bawah laut, kini  juga menawarkan keindahan lainnya.

Salah satu destinasi yang menarik yaitu Gua Haji Mangku yang terletak di Kampung Payung-Payung atau beberapa puluh meter dari bibir pantai utara Maratua. Nama yang disematkan  berasal dari penemunya yaitu Haji Mangku warga Maratua, namun tak ada yang tahu pasti kapan gua ini ditemukan tetapi Gua Haji Mangku sendiri mulai ramai dikunjungi wisatawan sejak tahun 2000-an.

Untuk menuju Gua Haji Mangku dari Kampung Tanjung Harapan dapat menggunakan sepeda motor selama 20 menit, lalu melanjutkan trekking ringan sekitar 30 menit hingga sampai ke Gua melewati jalur penuh karang.

“Dari Tanjung Harapan 6 kilometer ke Payung-Payung, dari Payung-Payung menuju Gua Haji Mangku sekitar 2 kilometer. Untuk mencapai bibir gua sekitar 200 meter dapat dilewati dengan berjalan kaki,” ujar Wikra Sanjaya yang merupakan putra daerah Maratua.

Setelah tiba di bibir Gua, melongok kebawah, terlihat mulut Gua Haji Mangku dengan airnya yang begitu jernih seperti danau sempit tanpa dasar. Airnya berwarna biru tua yang sesekali bercampur dengan hijau toska muda karena sedikit cahaya yang menerobos dedaunan. Inilah fenomena ilusi optik yang menjadikan warna air payau ini begitu magis bagi mata yang memandang.

Pemandangan kebawah gua seperti ruang sempit membentuk jurang di tengahnya, dengan dasar yang tak terlihat. Gelap dan dingin. Pengunjung dapat berenang dan menikmati sensasinya.  Anda tertarik ? (VB/RDG/*)

Kaltim Ikuti Festival Nusantara Perbatasan 2016

June 11, 2016 by  
Filed under Festival Budaya

SAMARINDA, VIVABORNEO.COM,  Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) akan menggelar Festival Nusantara Perbatasan Tahun 2016. Kegiatan tersebut direncanakan bertepatan dengan hari ulang tahun BNPP ke-6 pada 17 September mendatang.

Kepala Badan Pembangunan Perbatasan Daerah (BPPD) Kaltim Frederik Bid mengatakan event tersebut dijadwalkan akan melibatkan 18 provinsi perbatasan baik kabupaten perbatasan darat maupun kabupaten perbatasan laut. Read more

Vanya Estella Rebut Predikat Puteri Pariwisata Samarinda

June 4, 2016 by  
Filed under Headline

SAMARINDA, VIVABORNEO.COM, Vanya Estella berhasil menyabet predikat Puteri Pariwisata tingtkat Kota Samarinda pada acara Grand Final Pemilihan Duta Wisata dan Puteri Pariwisata 2016 di Plaza Mulia Samarinda, Minggu malam (29/5).Setelah melalui beberapa rangkaian kegiatan seleksi selama 5 hari, akhirnya Vanya Estella berhasil menyisihkan 14 finalis yang akan mewakili Samarinda ke tingkat provinsi. Read more