Kaltim Ikuti Festival Nusantara Perbatasan 2016

June 11, 2016 by  
Filed under Festival Budaya

SAMARINDA, VIVABORNEO.COM,  Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) akan menggelar Festival Nusantara Perbatasan Tahun 2016. Kegiatan tersebut direncanakan bertepatan dengan hari ulang tahun BNPP ke-6 pada 17 September mendatang.

Kepala Badan Pembangunan Perbatasan Daerah (BPPD) Kaltim Frederik Bid mengatakan event tersebut dijadwalkan akan melibatkan 18 provinsi perbatasan baik kabupaten perbatasan darat maupun kabupaten perbatasan laut.

k

Suasana rapat membahas Festival Perbatasan 2016 di Jakarta, Selasa (8/6).(Foto:dok BPPD Kaltim)

“BNPP juga nantinya mengupayakan agar Presiden RI beserta jajaran Kabinet Ayo Kerja dapat menghadiri festival tersebut,” ujarnya.

Frederik menambahkan, tahun ini mengusung tema bahari atau maritim sesuai dengan Visi Misi Presiden Jokowi-JK yaitu Mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat dan berbasiskan kepentingan nasional.

Apalagi, sejak jaman dahulu Indonesia sudah terkenal sebagai negara maritim yang mempunyai banyak pulau dan luasnya laut menjadi modal utama untuk membangun bangsa ini.

“Agar daerah yang berpartisispasi dalam menampilkan seni budaya dapat menyesuaikan dengan tema tersebut tetapi tidak mengurangi atau meninggalakan kreatifitas berkesenian dengan kearifan lokal daerahnya,” harap  Frederik.

Secara terpisah, Kabid Lembaga Sosial dan Budaya Ibrahim Dunggau didampingi Kasubbid Kebudayaan,  Hasan menjelaskan, telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mahakam Ulu akan mengirimkan sebanyak 30 orang penari.

10625025_10203424964041593_7781607468914225563_n“Kita telah berkoordinasi dengan Kabid Kebudayaan Disdikbud Mahulu Bulan Hanyeq. 30 orang tersebut berasal dari beberapa sanggar seni yang ada di Kecamatan Long Pahangai. Nantinya bergantian untuk tahun selanjutnya yaitu Kecamatan Long Apari atau Kecamatan Maratua,” katanya saat diwawancarai Jumat (10/6).

Festival Nusantara Perbatasan Thun 2016 ini, lanjut Ibrahim, kembali disutradarai oleh Slamet Raharjo. “Karena melibatkan belasan provinsi perbatasan diharapkan peserta dapat melakukan persipaan dengan baik. Dan akan dikoordinasikan kembali pada rapat lanjutan pada pertengan bulan Juli mendatang,” tambah Ibrahim.

Festival tersebut akan digelar di Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta. BPPD Kaltim  telah siap mendampingi dan mengkoordinasikan kabupaten perbatasan agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik. (RDG/BPPDKaltim)

 

 


Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.