Hantu Kuyang Baunya Sangat Tidak Enak

February 18, 2017 by  
Filed under Festival Budaya

PROKAL.CO, BALIKPAPAN  –  Munculnya sosok menyeramkan yang disebut-sebut kuyang di wilayah Batu Ampar Lestari, Balikpapan Utara, bukanlah yang pertama kali. Lisa, warga RT 66, menceritakan bahwa penampakan itu menebar teror ke warga beberapa tahun silam. “Itu kok muncul lagi,” katanya gelisah ketika ditemui di rumahnya, kemarin.baunya-sangat-tidak-enakSaat itu, warga setempat mengait-ngaitkan keberadaan penampakan itu dengan adanya warga yang tengah hamil. Menurut Lisa, yang membuat heran, kandungan salah seorang warga tiba-tiba hilang di usia kehamilan tiga bulan. “Kalau bukan karena kuyang, karena apa coba?” sangsi Lisa.

Kabar itu dibenarkan Rozak, warga Batu Ampar lainnya. “Dulu ada, tapi sudah lama,” katanya.

Ketua RT 66 Aminuddin mengaku, penampakan beberapa tahun silam itu ditemukan warga di malam hari. Hampir sama dengan yang ditemukan baru-baru ini. “Saya dulu ikut berjaga bersama warga karena itu,” imbuhnya.

Makhluk jadi-jadian dengan sebutan kuyang, dalam kacamata paranormal Darma Taqwadi, memang kerap muncul di kawasan Balikpapan Barat ataupun Utara. Dia menjelaskan, makhluk ini berbentuk kepala dan organ dalam manusia, mulai kerongkongan hingga usus.

Kuyang tersebut adalah perempuan yang memiliki ilmu hitam. Ilmu hitam yang digunakan untuk mendapatkan kekayaan dan awet muda. Dipastikan Darma, hanya perempuan yang dapat menjadi kuyang.

Darma menyebutkan sejumlah tanda-tanda kemunculan makhluk jadi-jadian ini. Jika kuyang masih dalam radius 100 meter, maka akan muncul bau amis darah yang menyengat. “Kalau dia muncul, tanda yang paling jelas adalah penampakan cahaya merah, biru, kuning. Kalau jarak kuyangnya kurang lebih 100 meter dari kita, biasanya tercium aroma amis darah,” ujar pria berpenampilan macho ini, kemarin (16/2).

Jika jaraknya di bawah 50 meter, biasanya terdengar suara seperti orang yang sedang mengorok. Dia mengatakan, makhluk ini memang berbahaya. Seperti kabar yang beredar, mereka sering mengincar bayi, baik yang masih dalam kandungan ataupun yang telah lahir.

“Kuyang mengisap darah bayi. Kadang sedikit, kadang banyak. Apabila darah yang diisap banyak, maka bisa berakibat kematian pada bayi tersebut. Mereka menggigit di leher ataupun paha,” terangnya.

Namun, masyarakat diminta untuk tidak khawatir, karena makhluk ini bisa diusir. “Bagi yang muslim, silakan baca surah As Saffat sebelum tidur,” sebutnya.

Keberadaan kuyang tidak menentu. Namun, yang jelas, dia sering berkeliaran di waktu malam setelah magrib atau sejak matahari terbenam.

“Beberapa tahun kemarin sering ada di kawasan Balikpapan Barat. Sebenarnya ada banyak kejadian kuyang yang tidak terpublikasi, namun jangan pernah merasa takut dan terancam, karena manusia kanpunya Tuhan dan iman,” kata dia.

Kuyang bukanlah makhluk yang telah mati, mereka hanya keluar dari jasad yang disembunyikan. “Jasad mereka ditinggal di rumah, biasa di kolong rumah atau balik pepohonan,” tandasnya. (bp-21/war/k1/ilistrasi:bp)

Sumber : http://balikpapan.prokal.co/read/news/207346-tanda-tanda-ada-kuyang-baunya-sangat-tidak-enak.html

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.