Partisipasi Masyarakat Meriahkan Buen Festival 2

August 4, 2017 by  
Filed under Headline

VIVABORNEO.COM, Antusias masyarakat dalam  berpartisipasi dalam acara budaya “Buen Festival Ke-2” menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin melihat keragaman budaya warga Desa Bangun Mulya Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Buen dalam bahasa Paser, berarti baik. Sehingga Buen Festival diharapkan menjadi festival yang mengangkat segala kebaikan dari sebuah desa yang maju dan  sejahtera dalam keberagaman masyarakatnya.

Dibuka Bupati PPU, Yusran Aspar, peserta kirap Buen Festival diikuti lebih dari seribu orang dari berbagai lapisan. Ada anak sekolah mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga sekolah menengah atas, kelompok seni, paguyuban, hingga para orang tua yang turut sibuk mendampingi anak-anak mereka.

Ada yang berpakaian polisi dan tentara cilik, berpakaian ala tentara pejuang ’45, drum band, hingga kostum paguyuban yang menonjolkan ciri-ciri daerah amsing-masing. Ada Dayak, Paser, Melayu, Bali, Toraja, Jawa Timur hingga penampilan kostum kontemporer dan kreasi baru yang unik dan modern.

Bupati Yusran Aspar turut bangga dengan panitia yang mampu menyelenggarakan festival dengan mengumpulkan dana swadaya masyarakat dan partisipasi warga sekitarnya.

“Saya tidak menyangka acara Festival Buen ini sudah masuk tahun ke dua dan terselenggara dengan baik dari dana swadaya. Saya ingin Dinas Kebudayaan dan Pariwisata memasukkan acara Buen Festival ini dalam kalender event yang dibiayai dari APBD Pemkab PPU,” ujarnya disambut tepuk tangan undangan.

Selain menampilkan kesenian dan karnaval,  Buen Festival ini juga menggagas seminar dan diskusi budaya, pertunjukan seni hingga pengembangan usaha mikro kecil menengah yang ada di Desa Bangun Mulya ini.

Yusran Aspar sangat terkesan dengan lagu berjudul “Buen” yang menggunakan instrumen  tradisional dan menggunakan bahasa Paser yang merupakan identitas masyarakat Paser dan Penajam Paser Utara.

“Dalam Festival Buen ini kita telah menemukan jadi diri Kabupaten Penajam Paser Utara lewat kata buen yang berarti baik. Kita sudah punya salam, punya festival dan lagu yang semuanya menampilkan kata buen,” tegas Yusran Aspar.(vb/yul)

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.