Kenyal Gurih, Ketupat Sotong dari Trengganu

October 1, 2017 by  
Filed under Kuliner

Siapa bilang ketupat hanya bisa dibuat dari janur daun kelapa saja? Di daerah Trengganu, Malaysia, ketupat dibuat dengan menggunakan sotong atau sejenis cumi-cumi besar yang diisi beras ketan. Bentuknya jadi unik dan rasanya pun kenyal-kenyal gurih!

Menghidangkan ketupat saat lebaran memang jadi sebuah tradisi. Hampir di semua daerah yang merayakan lebaran menyuguhkan ketupat sebagai menu utama.

Di Trengganu, Malaysia, ketupat yang disajikan justru tidak menggunakan daun kelapa. Melainkan mengguanakan sotong atau cumi besar.

Ketupat sotong jadi menu wajib setiap lebaran dalam masyarakat Trengganu. Sotong yang sudah dibersihkan dan dibuang bagian kepalanya menjadi kulit ketupat yang unik. Bedanya dengan ketupat biasa, kalau ketupat umumnya diisi dengan beras, maka ketupat ini diisi beras ketan yang sudah dimasak.

Ketan yang sudah matang, diisikan ke dalam perut sotong yang sudah dibersihkan. Dibagian ujungnya disematkan dengan lidi agar ketan tidak keluar. Sotong yang sudah diisi dengan ketan kemudian dimasak kembali dengan santan kental yang diberi bumbu seperti bawang merah, garam, cabai, dan rempah lainnya.

Ketupat sotong disajikan tanpa tambahan lauk lainnya. Meskipun begitu tetap mengenyangkan karena ketan dan daging sotong yang kenyal gurih. Ketupat ini biasanya dipotong-potong dan disajikan begitu saja.(sumber : Kenyal Gurih, Ketupat Sotong dari Trengganu.htm)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.