Sangkulirang Rock Arts Raih Situs Sejarah Terpopuler

December 25, 2017 by  
Filed under Headline

SANGATTA – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim)  Provinsi Kalimantan Timur, patut bangga karena obyek wisata  sekaligus warisan dunia, Sangkulirang Rock Arts, berhasil memenangkan penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) II 2017.

Sangkulirang Rock Arts sukses menyabet gelar Juara I sekaligus Juara Favorit di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) II 2017 di Jakarta yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata.

Sangkulirang Rock Arts unggul dengan perolehan polling 86,77 persen, dari Sembilan  nominasi lainnya diantaranya Istana Maimun di Medan, Istana Siak Sri Indra Pura di Kabupaten Siak dan situs Tapurarang Kabupaten Fakfak,Papua.

Kategori Situs Sejarah Terpopuler Piala API 2017 ini diterima langsung oleh Bupati Kutim Ismunandar, diberikan oleh Sekretaris Kementerian Pariwisata RI, Uus Kuswara, Sabtu (25/11/17) lalu, di Studio Metro TV, Jakarta

Jajaran pejabat di lingkungan Pemkab Kutim turut hadir menyaksikan penyerahan penghargaan tersebut. Seperti Wakil Bupati (Wabup) Kasmidi Bulang ,Wakil Ketua DPRD Kutim Hj Encek UR Firgasih, Asisten Pemkesra Mugeni, Kadis Pariwisata Dwi Susianto Gamawan dan Kadis Sosial Jamiatulkhair Daik.

Dalam kesempatan tersebut, Ismunandar mengaku sangat bangga atas pencapaian dan kekompakan warga Kutim, juga Kaltim pada umumnya, dalam membantu polling yang digelar panitia API 2017.

“Apa yang kita raih saat ini menjadi penyemangat kita untuk terus membangun pariwisata di Kutim. Melengkapi fasilitas infrastruktur yang memadai agar memudahkan wisatawan yang ingin mengunjungi Karst Sangkulirang Mangkalihat,”ujar orang nomor satu di kutim ini .

Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang menambahkan, keberhasilan Sangkulirang Rock dalam nomisasi favorit Situs Sejarah Terpopuler merupakan sejarah baru untuk Kutai Timur.

“Kemenangan ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat dan seluruh lembaga-lembaga adat di Kutai Timur,” ucapnya.

Ketua penyelenggara Nanda Satria Azwar menjelaskan, ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) II   2017 merupakan pelaksanaan kedua kalinya setelah sebelumnya dimulai pada 2016.

Ajang ini bertujuan untuk meningkatkan industri pariwisata yang masih banyak memiliki ruang di banding negara-negara ASEAN lainnya.

“Kegiatan anugrah pesona Indonesia telah banyak membantu dalam membantu memberitakan dan mempromosikan berbagai obyek dan tujuan wisata Indonesia. Disamping itu, ajang ini juga telah menjelma menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan pemerintah daerah dalam mengembangkan dan mempromosikan pariwisata daerahnya,” tutur Nanda.(vb/yul)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.