Kaltim Tawarkan Jadi Tuan Rumah Kongres Kesenian Nasional

March 9, 2018 by  
Filed under Pesona

 

Samarinda, Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Awang Faroek Ishak menyatakan Provinsi Kaltim siap untuk menjadi tuan rumah Kongres Kesenian Indonesia.

Penegasan ini disampaikan oleh Awang Faroek saat penutupan acara Begenjoh Nasional yang berlangsung di halaman kantor Gubernur Kaltim, Senin malam (5/3/2018).

“Melalui Direktur Kesenian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,  saya setuju direalisasikannya Kongres Kebudayaan Indoensia dan Kaltim siap menjadi tuan rumah. Dan yang lebih penting kongres kebudayaan harus dihadiri presiden,” tegas Awang Faroek.

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Provinsi Kaltim, Syafril Teha Noor,  mengatakan  sangat bersyukur atas sukses dan terselenggaranya acara seni Begenjoh Nasional 2018 ini sebagai tonggak kebangkitan kesenian di Kaltim.

Betapa tidak , selama tiga hari di Kaltim, puluhan perwakilan dari  lima provinsi di Indonesia dan utusan dari kabupaten/kota di Kaltim  berhasil membuat kesepakatan yang dikenal dengan nama “Piagam Mahakam.”

“Piagam Mahakam pada dasarnya adalah sebuah pernyataan dari masyarakat kesenian, tidak saja di Kaltim tetapi juga nasional, akan perlakuan terhadap kesenian masa mendatang lebih diperkuat dan diperhatikan oleh pemerintah daerah,” tegasnya.(vb/ya)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.